Minggu, 11 Januari 2009

Riwayat Ilmoean


About Aristoteles


Lahir pada tahun 384 sebelum masehi di Stageria, bapaknya seorang dokter maka dari beliaulah Aristoteles tertarik akan bidang ilmu pengetahuan empiris, dan pada usia 17 tahun ia dikirim ke akademia Plato untuk belajar disana dan selama 20 tahun ia belajar disana hingg ai mengajar bidang Logika dan retorika. Namun pada perkembangannya ia tidak menyetujui pendapat Speusippos yang pada saat itu pemimpin akademia, ia berpendapat filsafat identik dengan matematika. Lalu Aristoteles bersama temannya Xenokrats meninggalkan Athena menuju ke Assos untuk mengadu nasib disana dan ia akhirnya banyak melakukan penelitian dibidang biologi dan zoologi.
Pada tahun 342 Aristoteles diundang raja Philippos dari Makedonia untuk mendidik anaknya yang bernama Alexander yang berusia 13 tahun agar nantinya siap menjadi pemimpin. Pada saat Alexander diangkat menjadi raja maka Aristoteles kembali ke Athena.
Aristoteles mendirikan perpustakaan dan ii merupakan perpustakaan pertama dalam sejarah manusia. Ariftoteles meninggal pada usia 62/ 63 tahun.

0 komentar: